Pages

Subscribe Twitter

Jumat, 20 April 2012

LP Grafkom2 Pert 5 - 7


LP GRAFKOM Pert 5


Soal.
1. APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG “OGRE MATERIALS” ?
2. SEBUTKAN MACAM-MACAM OGRE MATERIALS !

Jawaban.
1. Ogre material merupakan bahan ataupun pola yang digunakan untuk mewarnai, memberi pola pada mesh, ground ataupun terrain. Nama material pada Ogre harus Unik karena material selalu diidentifikasikan dari nama layaknya variabel pada bahasa pemrograman C++. Ogre memiliki bermacam-macam material, dibagi menjadi 3 yaitu :Basic Material, Intermediate Material dan Advanced material.

2.Ogre memiliki bermacam-macam material, dibagi menjadi 3 yaitu :

a. Basic Material
Simple Image Map
Merupakan material yang paling sederhana dibandingkan yang lain, intinya hanya menambahkan material ke dalam suatu mesh. Untuk melakukan Simple Image Map, kita membutuhkan texture berjenis *.png.

- Solid Colour
Menggunakan script untuk membuat warna yang solid pada objek.

- Transparent Colour
Menggunakan script untuk membuat warna yang transparan pada objek.

- Simple texture transition
Menggabungkan beberapa texture menjadi satu. Misalnya, kita mau menggabungkan tekstur tanah, rumput dan gabungan tanah & rumput. Untuk menggabungkan nya kita membutuhkan 3 texture berjenis *.png dalam format 8 bit.

- Dynamic texture transition
Untuk Mengatur jumlah komposisi texture saat mengabungkan beberapa texture. Misalnya mengatur jumlah rumput ataupun tanah pada suatu objek.

Stained Glass Window
Untuk membuat sebagian texture menjadi transparant misalnya membuat jendela kaca berwarna.

- Transparent map

Untuk memasukkan texture berupa lapisan-lapisan yang dapat diatur bagian dari gambar apa yang tidak terlihat dan seberapa banyak.

- Chroma Key

Misalkan Anda memiliki tekstur tanpa lapisan-alpha dan Anda ingin membuat semua piksel warna yang diberikan (baik itu hijau, biru, dll) transparan dalam tekstur. Persyaratan nya membutuhkan 1 warna RGB dan texture berjenis *.png.

- Porcelain and Steel shader
Digunakan untuk membuat porselen atau objek baja mengikuti lingkungan sekitarnya.

- Lightmap
adalah Texture yang digunakan untuk melakukan blending (pencampuran) pada OGRE. Biasanya, tekstur lightmap adalah grayscale. Daerah hitam akan menjadi gelap dan dalam berwarna putih, objek akan diterangi material.

b. Intermediate Material
- Detail Textures
Null. -> di OGRE3D.org juga gak ada bingung gwtension.

c. Advanced Material
- Alpha Splatting
Teknik ini digunakan untuk memungkinkan beberapa detail tekstur akan dicampur satu sama lain menurut peta alpha, yang menentukan untuk setiap tekstur, di mana ia harus diletakkan. Teknik ini paling sering digunakan untuk medan, di mana Anda memiliki berbagai bawah tanah seperti sampah, jalan setapak, rumput, dll batu ini tidak dapat dilakukan dengan satu pra-diberikan tekstur, karena akan memerlukan terlalu banyak memori tekstur atau terlihat terlalu kasar berbutir sebaliknya.

LP GRAFKOM Pert 6


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Animasi ?

2. Sebutkan dan Jelaskan jenis-jenis animasi pada OGRE !


*jawaban*


‎1. Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga kita merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah 'gerakan'. 



2. macam-macam animasi yang terdapat pada Ogre :

- Animation State : interaksi utama antara aplikasi dan animasi di Ogre adalah melalui animastion state. Dalam alat pemodelan kita dapat menetapkan beberapa animasi untuk kerangka atau mesh sepanjang waktu.
- Skeletal Animation : skeletal animasi mungkin jenis animasi yang paling umum digunakan. Dengan skeletal animasi simpul dalam mesh terikat dalam "tulang" yang membuat sebuah kerangka.
- Vertex Animation : mengacu pada fakta bahwa bukannya menghidupkan tulang dalam kerangka dan perhitungan posisi vertices sebagai fungsi dari tulang-tulang tersebut yang sebenarnya posisi verteks animasi. Tipe dari animasi ini adlaah morph animation dan pose animation.
- Blending Animation : kita dapat memadukan berbagai tipe animasi untuk membuat animasi kompleks dalam scene,tetapi kita tidak dapat memadukan moprh dan pose bersamaan, kita juga tidak bisa memadukan beberapa animasi morph.


LP Grafkom2 Pert 7

Materi : Particle
Soal.
1. Apa yang kamu ketahui tentang Particle pada OGRE ?
2. Sebutkan macam-macam particle yang disediakan oleh OGRE !

Jawaban.

1. Particle merupakan sebuah teknik komputer grafis untuk mensimulasikan fenomena tertentu, yang memang sangat sulit bila membuatnya dengan teknik rendering konvensional biasa. Contoh dari fenomena tersebut yang biasanya direplikasi menggunakan partikel yaitu kebakaran, ledakan, asap, aliran air, kembang api, daun jatuh, awan, kabut, salju, debu, ekor meteor, rambut, bulu, rumput, atau efek visual abstrak seperti jalan bercahaya, dll.

2.Macam-Macam Particle yang disediakan OGRE :
- Sun effect
Moving SPace Dust Effect
Smoke Effect
Rain Effect
- Snow Effect

0 komentar:

Posting Komentar

Jumat, 20 April 2012

LP Grafkom2 Pert 5 - 7



LP GRAFKOM Pert 5


Soal.
1. APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG “OGRE MATERIALS” ?
2. SEBUTKAN MACAM-MACAM OGRE MATERIALS !

Jawaban.
1. Ogre material merupakan bahan ataupun pola yang digunakan untuk mewarnai, memberi pola pada mesh, ground ataupun terrain. Nama material pada Ogre harus Unik karena material selalu diidentifikasikan dari nama layaknya variabel pada bahasa pemrograman C++. Ogre memiliki bermacam-macam material, dibagi menjadi 3 yaitu :Basic Material, Intermediate Material dan Advanced material.

2.Ogre memiliki bermacam-macam material, dibagi menjadi 3 yaitu :

a. Basic Material
Simple Image Map
Merupakan material yang paling sederhana dibandingkan yang lain, intinya hanya menambahkan material ke dalam suatu mesh. Untuk melakukan Simple Image Map, kita membutuhkan texture berjenis *.png.

- Solid Colour
Menggunakan script untuk membuat warna yang solid pada objek.

- Transparent Colour
Menggunakan script untuk membuat warna yang transparan pada objek.

- Simple texture transition
Menggabungkan beberapa texture menjadi satu. Misalnya, kita mau menggabungkan tekstur tanah, rumput dan gabungan tanah & rumput. Untuk menggabungkan nya kita membutuhkan 3 texture berjenis *.png dalam format 8 bit.

- Dynamic texture transition
Untuk Mengatur jumlah komposisi texture saat mengabungkan beberapa texture. Misalnya mengatur jumlah rumput ataupun tanah pada suatu objek.

Stained Glass Window
Untuk membuat sebagian texture menjadi transparant misalnya membuat jendela kaca berwarna.

- Transparent map

Untuk memasukkan texture berupa lapisan-lapisan yang dapat diatur bagian dari gambar apa yang tidak terlihat dan seberapa banyak.

- Chroma Key

Misalkan Anda memiliki tekstur tanpa lapisan-alpha dan Anda ingin membuat semua piksel warna yang diberikan (baik itu hijau, biru, dll) transparan dalam tekstur. Persyaratan nya membutuhkan 1 warna RGB dan texture berjenis *.png.

- Porcelain and Steel shader
Digunakan untuk membuat porselen atau objek baja mengikuti lingkungan sekitarnya.

- Lightmap
adalah Texture yang digunakan untuk melakukan blending (pencampuran) pada OGRE. Biasanya, tekstur lightmap adalah grayscale. Daerah hitam akan menjadi gelap dan dalam berwarna putih, objek akan diterangi material.

b. Intermediate Material
- Detail Textures
Null. -> di OGRE3D.org juga gak ada bingung gwtension.

c. Advanced Material
- Alpha Splatting
Teknik ini digunakan untuk memungkinkan beberapa detail tekstur akan dicampur satu sama lain menurut peta alpha, yang menentukan untuk setiap tekstur, di mana ia harus diletakkan. Teknik ini paling sering digunakan untuk medan, di mana Anda memiliki berbagai bawah tanah seperti sampah, jalan setapak, rumput, dll batu ini tidak dapat dilakukan dengan satu pra-diberikan tekstur, karena akan memerlukan terlalu banyak memori tekstur atau terlihat terlalu kasar berbutir sebaliknya.

LP GRAFKOM Pert 6


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Animasi ?

2. Sebutkan dan Jelaskan jenis-jenis animasi pada OGRE !


*jawaban*


‎1. Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga kita merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah 'gerakan'. 



2. macam-macam animasi yang terdapat pada Ogre :

- Animation State : interaksi utama antara aplikasi dan animasi di Ogre adalah melalui animastion state. Dalam alat pemodelan kita dapat menetapkan beberapa animasi untuk kerangka atau mesh sepanjang waktu.
- Skeletal Animation : skeletal animasi mungkin jenis animasi yang paling umum digunakan. Dengan skeletal animasi simpul dalam mesh terikat dalam "tulang" yang membuat sebuah kerangka.
- Vertex Animation : mengacu pada fakta bahwa bukannya menghidupkan tulang dalam kerangka dan perhitungan posisi vertices sebagai fungsi dari tulang-tulang tersebut yang sebenarnya posisi verteks animasi. Tipe dari animasi ini adlaah morph animation dan pose animation.
- Blending Animation : kita dapat memadukan berbagai tipe animasi untuk membuat animasi kompleks dalam scene,tetapi kita tidak dapat memadukan moprh dan pose bersamaan, kita juga tidak bisa memadukan beberapa animasi morph.


LP Grafkom2 Pert 7

Materi : Particle
Soal.
1. Apa yang kamu ketahui tentang Particle pada OGRE ?
2. Sebutkan macam-macam particle yang disediakan oleh OGRE !

Jawaban.

1. Particle merupakan sebuah teknik komputer grafis untuk mensimulasikan fenomena tertentu, yang memang sangat sulit bila membuatnya dengan teknik rendering konvensional biasa. Contoh dari fenomena tersebut yang biasanya direplikasi menggunakan partikel yaitu kebakaran, ledakan, asap, aliran air, kembang api, daun jatuh, awan, kabut, salju, debu, ekor meteor, rambut, bulu, rumput, atau efek visual abstrak seperti jalan bercahaya, dll.

2.Macam-Macam Particle yang disediakan OGRE :
- Sun effect
Moving SPace Dust Effect
Smoke Effect
Rain Effect
- Snow Effect

0 komentar on " LP Grafkom2 Pert 5 - 7 "

Posting Komentar